Berminat dengan OPPO A7? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

OPPO memiliki lini produk yang cukup lengkap untuk mewakili setiap segmen harga yang menjadi target pasarnya. Di kelas 3 jutaan yang dikenal selalu menghadirkan persaingan yang ketat, OPPO Indonesia menjadikan A7 sebagai jagoan andalannya.

Kami sudah sempat mengulas secara lengkap smartphone menawan ini dalam sebuah artikel review. Namun jika Anda masih ragu dengan OPPO A7, berikut kami sajikan rangkuman yang secara singkat menyajikan apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

Yang Canggih:

1. Desain elegan dan tampak premium

Tidak dapat dipungkiri bawah OPPO A7 merupakan perangkat yang punya penampilan menawan. Desainnya elegan dan terkesan premium sehingga terlihat lebih menonjol dibanding lawan-lawannya di kisaran harga yang sama.

Yang membuat desain OPPO A7 terlihat menggoda adalah berkat cover belakangnya. OPPO mengedepankan 3D heat-curved sheet dan pola jeruji pada tekstur penutup belakang, dengan pilihan warna Glaze Blue dan Glaring Gold yang netral sehingga cocok digunakan baik oleh pria maupun wanita.

Kerennya lagi, karena memiliki finishing yang mengkilap, bodi belakang OPPO A7 akan terlihat berubah-ubah sesuai dengan sudut cahaya. Misalnya pada varian Glaze Blue yang kami review kali ini. Jika dilihat dari samping, warna Glaze Blue kadang terlihat seperti biru tua, tapi juga kadang terlihat seperti hijau tua.

2. Layar ekstra lega dengan poni kecil

OPPO A7 hadir dengan layar berukuran 6,2 inci. Yang menarik, OPPO memberikan lapisan anti refleksi tambahan sehingga tingkat kecerahan layarnya meningkat hingga 35 persen. Dengan begitu, konten yang ditampilkan dapat terlihat lebih memuaskan.

Bukan cuma itu, layar OPPO A7 juga mengusung desain yang modern dengan poni tetesan air yang minimalis. Sekadar informasi, OPPO A7 adalah seri A pertama yang memakai desain layar seperti ini.

Dipadukan dengan bezel yang tipis, smartphone ini memiliki rasio screen-to-body 88,4 persen. Yang tidak kalah penting, layar tersebut sudah dilindungi oleh kaca Corning Gorilla Glass agar tidak mudah tergores.

3. Kamera selfie tergolong bagus di kelasnya

Untuk urusan selfie, Anda disuguhkan kamera depan 16 megapixel f/2.0 yang tentunya menjanjikan tangkapan gambar yang bagus. Hasil foto dari kamera selfie terlihat bagus dengan akurasi warna yang juga oke.

Sama seperti smartphone selfie OPPO sebelumnya, Anda bisa menambahkan mode seperti HDR atau portrait saat memotret dengan kamera depan. AI Beauty akan secara agresif memperhalus foto Anda agar terlihat lebih cantik tapi tetap tidak menghilangkan kesan natural.

IMG20181214151831

IMG20181214151946

Serunya lagi, kamera selfie OPPO A7 juga memiliki mode AR Stickers. Dengan beragam pilihan stiker yang tersedia, foto selfie Anda akan menjadi lebih seru dan menyenangkan.

4. ColorOS 5.2 menyajikan kinerja yang ringan dan efisien

OPPO A7 mengadopsi sistem operasi ColorOS 5.2, alias yang terbaru, berbasis Android 8.1 Oreo. Pengalaman yang ditawarkan kurang lebih sama dengan smartphone OPPO lainnya, yakni praktis dan terasa ringan.

ColorOS 5.2 memang didesain agar lebih pintar, lebih efisien, dan nyaman digunakan. Tidak hanya itu, fitur-fitur khas OPPO yang cukup berguna seperti Smart Bar, Quiet Time, Recording Screen, hingga Game Space tersedia.

5. Daya tahan baterai memuaskan

Smartphone ini dibekali baterai dengan kapasitas yang besar, yakni 4230 mAh. Selama pengujian kami merasakan baterai OPPO A7 sangat awet. Dengan gaya pemakaian normal, tidak ada masalah untuk menggunakan OPPO A7 sejak pagi hingga malam hari tanpa harus mengisi daya di tengah jalan.


Ketika butuh mengisi daya, proses charging-nya juga tidak terlalu lama, hanya sekitar 2 jam saja agar sampai ke 100 persen dari kondisi di bawah 10 persen.

Yang Kurang:

1. Resolusi layar masih HD+

Meski memiliki layar dengan ukuran yang cukup lega, sayangnya resolusinya masih HD+ saja, belum Full HD+ seperti yang ditawarkan oleh kebanyakan smartphone lainnya di kelas yang sama.

Meski begitu, jika dilihat sekilas memang akan sulit untuk mendeteksi perbedaan yang sangat berarti, khususnya untuk penggunaan standar sehari-hari. Di satu sisi, resolusi HD+ justru menunjang daya tahan baterai menjadi lebih awet.

2. Hardware pendukung performa kurang menggiurkan dibanding pesaingnya

OPPO A7 dipersenjatai SoC Qualcomm Snapdragon 450 octa-core yang ditemani dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB (lengkap dengan slot microSD terpisah). Harus diakui bahwa kombinasi tersebut kurang menggiurkan di saat lawan-lawannya sudah memakai Snapdragon 636 atau bahkan Snapdragon 660.

Tapi perlu digarisbawahi, untuk menjalankan aplikasi standar chipset tersebut sudah memberikan performa yang mulus. Untuk gaming pun masih memadai, asal mengatur grafis ke setting yang lebih rendah.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari OPPO A7. Saat ini, OPPO A7 dibanderol di angka Rp3.299.000. Bagaimana? Tertarik?

Artikel Berminat dengan OPPO A7? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya pertama kali terbit di YANGCANGGIH.COM. Untuk informasi gadget dan teknologi tercanggih, kunjungi YANGCANGGIH.COM.



Go to Source