Elevasi.com – Memanah dan berkuda merupakan dua jenis olahraga yang dianjurkan Nabi SAW kepada umatnya.

Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk hidup sehat. Nabi Muhammad SAW punsuka berolahraga. Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda, ”Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).”(HR Muslim)

Kaum Muslim di Surrey, sebuah county di Inggris, mencoba menghidupkan kembali olahraga Rasulullah SAW itu.Jamaah Masjid Shah Jahan di Woking, Surrey diajarkan memanah di aula masjid itu. Selain itu, umat Islam di wilayah itu juga diajarkan menunggang kudu di sebuah kandang kuda yang ada di kota itu.”Ternyata olahraga Rasulullah SAW ini sangat disukai anak muda Muslim,” kata Jehad Shamis, pelatih memanah.
Untuk tahap awal, belajar memanah dan berkuda dilakukan secara terpisah. Namun, setelah anak-anak muda itu mahir, kedua olahraga yang disunahkan itu akan digabungkan. Ya, mereka akan diajarkan memanah sambil berkuda. Latihan memanah dan berkuda itu diajarkan seminggu sekali.”Memanah adalah salah satu olahraga yang dianjurkanoleh Rasulullah, seperti halnya berkuda,” tutur Shamis. Menurut dia, kedua olahraga itu cukup ampuh untuk mengatasi rasa takut.Ambar Rachad (16) sangat senang bisa mempelajari olahraga sunah itu. Ia belajar memanah dan berkuda.

20160203122610

Ambar Rachad (16) sedang belajar memanah di aula masjid.

Awalnya, ia sangat gugup saat belajar memanah dan belum mengetahui keutamaan memanah dalam Islam.”Ketika kita pertama kali belajar, kami rasanya ingin kembali ke masa sejarah memanah,” kata Ambar.”Pada dasarnya (olahraga) ini sunah yang dicontohkan Rasulullah SAW yang direkomendasikan. Kami juga berkompetisi dan itu sangat menyenangkan. Pada dasarnya setiap pelajaran adalah kompetisi sebab kami mencoba dan saling mengalahkan,” tuturnya.Cara ini cukup ampuh mendatangkan anak-anak muda untuk datang ke masjid.

Sumber : Republika