TIM peneliti dari Universitas Plymouth, Inggris, menemukan metode baru memasukkan kata sandi (password). Bertajuk “GOTPass”, metode tersebut diklaim paling aman dan praktis.

Mekanismenya menggabungkan pola, gambar, dan kode, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends yang disarikan KompasTekno, Senin (28/12/2015).

Pengguna cuma perlu sekali melakukan setup untuk mendapatpassword. Pertama-tama, sistem meminta pengguna menggambar pola pada grid 4×4 yang serupa dengan skema membuka kunci Android.

Selanjutnya, sistem akan menampilkan 30 gambar acak. Pengguna dipersilahkan memilih salah satunya. Lalu, pengguna sudah mengantungi password untuk membuka layanan yang mempercayakan metode GOTPass.

Proses login cukup sederhana. Pengguna hanya perlu memasukkan nama pengguna (username), lalu menggambar pola. Setelah itu sistem menampilkan 16 gambar.

Pengguna harus memilih dua di antara gambar-gambar tersebut yang sesuai dengan password.  Walau rumit pada penjelasannya, proses ini diklaim lebih singkat ketimbang harus mengetik password pada layar.

Lebih dari itu, metode GOTPass dikatakan lebih susah diretas dan lebih mudah diingat.

Belum jelas kapan metode GOTPass bisa digunakan untuk membuka layanan e-mail, akun bank, atau aplikasi-aplikasi populer. Saat ini metode GOTPass masih terus digodok dan dites sebelum siap terjun ke pasar.